Kebiasaan Tidur & Pengaruhnya

Tidur adalah suatu kegiatan alamiah yang dilakukan manusia untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari. Dengan tingkat kesibukan yang semakin padat dan jam kerja yang semakin panjang, tidak sedikit kaum urban yang mengalami masalah kurang tidur.

Tidur yang berkualitas memang sangat dibutuhkan, dalam hal ini artinya tidur nyenyak atau pulas, sehingga dapat bangun dalam keadaan segar. Namun pola jam tidur pun ternyata juga perlu diperhatikan agar selaras dengan jam biologis tubuh. Terganggunya proses tidur berdampak pada kontrol gula darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes dan penyakit jantung. Tidur (malam) yang baik adalah sekitar 6 – 8 jam setiap harinya.

Pada pukul 9 – 11 malam, tubuh akan membuang zat-zat tidak berguna di abgian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama waktu itu sebaiknya tubuh dalam keadaan relaks sambil mendengarkan musik tenang.

Pada pukul 11 malam – 1 dini hari, tubuh akan membuang racun (de-toxin) di bagian hati, pada saat itu sebaiknya kita berada dalam kondisi tidur pulas.

Ketika dini hari yaitu pukul 1 – 3 pagi, proses detoksifikasi terjadi di bagian empedu, sebaiknya kita juga masih dalam keadaan tertidur.

Di waktu menjelang subuh yaitu jam 3 – 5 pagi, tubuh dalam keadaan membuang racun di bagian paru-paru. Bagi yang sedang menderita batuk, biasanya akan mengalami batuk hebat di jam-jam ini karena tubuh telah mencapai detoksifikasinya di bagian pernapasan. Sebaiknya tidak diberikan obat tambahan agar tidak merintangi proses pembersihan.

Pada pagi hari jam 5 – 7, adalah detoksifikasi pada bagian usus besar, sebaiknya kita melakukan buang air besar dan buang air kecil di jam-jam ini.

Dan pada jam 7 – 9 pagi hari adalah waktu penyerapan gizi bagi usus kecil, sebaiknya makan sarapan yang bergizi.

Selain itu, dari tengah malam sampai pukul 4 pagi adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna bagi tubuh.

Jadi mulai sekarang, perhatikan kebiasaan tidurmu. (sumber gambar: http://adamrosante.com)