Sehat Itu Mahal?

Sehat itu mahal harganya, kata sebuah pepatah lama. Kalau kita sehat, apapun dapat kita lakukan tanpa ada halangan, setidaknya secara fisik. Bila fisik kita lemah, kita memerlukan bantuan macam-macam, bahkan terkadang untuk bergerak pun rasanya sulit. Dan bantuan seringkali memerlukan biaya tambahan seperti perawat yang menjaga, alat bantu kesehatan, asupan makanan dengan katering khusus untuk si sakit dan lain sebagainya. Kalau sakit sudah datang, selain lemah secara fisik, bagian lain yang terkena dampaknya adalah perencanaan keuangan kita yang menjadi berantakan karena banyaknya biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.

Kita seringkali menunda-nunda untuk membeli program perlindungan kesehatan, sampai akhirnya kita benar-benar membutuhkannya. Dan seringkali penyesalan datang terlambat. Banyak program layanan kesehatan yang tidak lagi menerima orang-orang yang sudah memiliki penyakit tertentu yang terdeteksi di saat mereka melakukan medical check up saat mendaftar.

Melalui program layanan kesehatan MediPlus, kita tidak perlu melakukan medical check up terlebih dahulu, hanya daftar online, dan maksimum dalam 3 x 24 jam, kita sudah dapat menikmati fasilitas kepesertaan dari MediPlus, diantaranya rawat inap dan rawat jalan secara cashless dan tak terbatas, di rumah sakit-rumah sakit rekanan MediPlus.

Untuk yang memiliki pre-existing condition alias yang memang sudah dinyatakan mengidap penyakit tertentu olah dokter sebelum menjadi peserta Mediplus, tetap dapat menikmati fasilitas sama dengan peserta lainnya dengan masa tunggu hanya 9 bulan dari tanggal pendaftaran untuk penyakit-penyakit yang sudah ada tersebut, jelas lebih singkat bila dibandingkan dengan program lain yang memiliki masa tunggu sekitar 12 bulan dari tanggal pendaftaran.

Untuk mereka yang memiliki penyakit berat, baik sebelum atau sesudah menajdi anggota MediPlus, biaya akan ditanggung sebesar 60% oleh MediPlus dari total biaya per perawatan atau maksimum 30 juta setahun. Penyakit berat yang dimaksud di sini seperti kanker, pembedahan syaraf dan otak, gangguan hati kronis, penyakit jantung, endometriosis, asma, katarak dan beberapa penyakit lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut dapat melihat ke website http://mediplus.co.id.

Kesehatan pribadi memang tanggung jawab kita sendiri, tindakan pencegahan dari pola hidup sehat memang sudah selayaknya kita lakukan, namun perlindungan terhadap kondisi keuangan kita pun perlu kita lakukan sejak dini, terutama terhadap biaya-biaya tak terduga yang berkaitan dengan kesehatan. (sumber gambar: http://healthforamerica.org/)